Opini

Membangun Usaha Perikanan Berbasis Sosial Ekonomi di Sorong, Papua Barat

Tentu ini juga menjadi tanggung jawab element cendikiawan kelautan.

Saat ini sebuah konsep bisnis sektor perikanan laut, mulai dari penangkapan sampai dengan pengelolaan sedang dikembangkan.
Untuk menyiasati hasil tangkapan yang tidak bisa dibeli pabrik (perusahaan).

Tentu inisiasi ini tidak dapat merubah banyak, namun dapat memberikan angin segar kepada sebagian orang, mulai dari nelayan, pengepul, logistik, pekerja perikanan dan pihak terkait dalam kerentanan ekonomi perikanan.

Kami @IKANFILLETPAPUA mencoba menghadirkan angin segar itu, di dukung lebih dari 20 nelayan, pekerja perikanan, dan beberapa teman yang di PHK telah menghasilkan bisnis kecil dengan omset ratusan juta rupiah.

Hasil terbesar dari usaha tersebut menjadi hak nelayan yang memenuhi ketahanan pangan dan pangan masyarakat dari sumberdaya ikan.

Inisiasi ini sudah berjalan hampir 45 hari, dengan menghabiskan lebih kurang 8 ton sumberdaya ikan, ratusan juta omset yang didapatkan dan telah dipenuhi ke nelayan.

Untuk mendukung usaha, kami membangun sebuah sistem, didukung dengan teknologi sederhana mempercepat proses produksi dan pemasaran.

Semoga inisiasi ini akan menjadi konsep masa depan untuk pengembangan ekonomi kreatif kelautan ataupun pengelolaan kawasan yang mendukung perikanan berkelanjutan pada bagian negara indonesia yang ‘katanya’ adalah poros maritim dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *