BeritaOpini

Usaha Ikan Fillet Papua Gandeng Pengusaha Asli Papua Kembangkan Usaha Perikanan Berbasis “Social Business” di Papua Barat

Social Businnes atau Bisnis Sosial adalah sebuah bentuk usaha atau bidang usaha yang bertujuan untuk membantu masyarakat ataupun mensejahterakan masyarakat dan lingkungan sekitar. Dalam menjalankan usaha atau wirausaha yang didasari oleh tujuan bisnis sosial ini tentunya memiliki perbedaan dengan menjalankan usaha atau bisinis yang tujuan utamanya hanya mencari keuntungan semata.

Adapun landasan utama dari bisnis sosial adalah permasalahan sosial yang ada di sekitar lingkungan atau masyarakat sekitar.

Saat ini banyak bisnis sosial yang telah dilakukan atau dilaksanakan oleh individu maupun kelompok yang tentunya memberikan manfaat bagi perekomomian dimana bisnis sosial itu berlangsung atau melakukan kegiatan Usahanya.

Salah satu bisnis sosial yang saat ini sedang dikembangkan adalah bisnis penjualan dan pemasaran produk perikanan dan hasil tangkapan nelayan di kota Sorong Papua Barat, yakni Ikan Fillet Papua. Usaha Ikan Fillet Papua berawal dari keprihatinan dan peluang yang dimanfaatkan oleh sekelompok atau beberapa orang, Ehdra dan kawan-kawan yang berdomisili di Sorong Papua Barat, dimana pada saat masa pandemi Covid 19 yang melanda dunia.

Yellowfin Tuna

Pandemi Covid 19 mempengaruhi tatanan ekonomi, khsusunya pemasaran hasil tangkapan nelayan di Papua Barat terutama nelayan ikan tuna. Dalam kondisi ekonomi normal biasanya hasil tangkapan nelayan terutama ikan tuna dipasarkan tidak hanya dipasar lokal, namun juga di pasar nasional dan internasional alias ekspor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *